Langsung ke konten utama

Zimbra Collaboration Suite


Kajian
Zimbra Collaboration Suite


Pengenalan
Zimbra Collaboration merupakan Email open source dan solusi kolaborasi, dipercaya oleh lebih dari 5.000 perusahaan dan pelanggan sektor publik, dan lebih 100 juta pengguna akhir, dilebih dari 140 negara. Zimbra termasuk email lengkap, address book, kalender, file-sharing dan tasks, dan dapat diakses dari Zimbra Web Client, MS Outlook, Mozilla Thunderbird dan lainnya berbasis Client maupun  perangkat mobile. Anda dapat menginstall Zimbra seperti biasanya dengan cara install di OS Linux atau melalui jasa penyedia web hosting yang menyediakan email dengan Zimbra sebagai providernya.

Key Benefit
a.       Email Lengkap dan Solusi kolaborasi dengan  High Availability
Zimbra menawarkan email yang canggih, kalender dan fitur kolaborasi, ditambah  untuk implementasi / manage sebanyak 50% lebih murah dibandingkan Microsoft Exchange. Kemampuan zimbra menawarkan berbagai kelas layanan untuk pengguna yang berbeda sangat menarik bagi perusahaan-perusahaan besar dan beragam dan organisasi. Zimbra memungkinkan ketersediaan yang tinggi (High Availability) dengan dukungan virtualisasi serta backup dan restore online sampai pada tingkat atau level mailbox masing-masing pengguna.

b.      Berpengalaman bagi  end user
Dengan kaya fitur dan konsistensi pada pengalaman user mendukung semua platform Operating Sistem (Windows, Mac dan Linux), Online melalui Web Browser (Firefox, Chrome, Internet Explorer dan Safari) dan melalui Ms Outlook, Thunderbird serta  desktop client lainnya. Zimbra mampu meningkatkan kepuasan pengguna akhir (end user) dan mengurangi biaya support dan training bagi kebutuhan user. Interface browser yang bersahabat (user friendly) mendukung chat untuk conversation yang mudah, compose, edit dan insert yang lengkap dan kemudahan filter yang disesuaikan. Pengguna dapat dengan mudah memanage dan mencari dalam sebuah mailbox yang besar dan pesan voicemail, multiple kalender, kontak dan task list.

c.        Terintegrasi dengan Unified Communications
IT Administrator dapat dengan mudah terkoneksi dengan Zimbra dengan Unified Communications yang merupakan solusi yang mendukung sebuah integrasi dengan click-to-call, voicemail, chat dan disediakan untuk pengguna/users.

d.      Mengurangi Administrasi dan Maintenance
Zimbra memiliki administrator konsol  yang mudah digunakan berbasis web yang memungkinkan IT administrator secara aman mengakses aplikasi di mana saja dan kapan saja. Melalui konsol, administrator dapat dengan mudah mengelola akses dan kebijakan yang ditetapkan dalam sebuah organisasi besar. Zimbra juga mendukung manajemen penyimpanan hirarkis dan multitenancy. Manajemen penyimpanan hirarkis mengoptimalkan biaya penyimpanan melalui berjenjang penyimpanan. Multitenancy memungkinkan penyedia layanan untuk mendukung biaya-efektif beberapa bisnis di lingkungan host.


Key Features

Advanced Web Client

·         Tampilan browser yang kaya dengan fitur aplikasi seperti drag dan drop, tampilan penandaan dan percakapan.
·         Kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan email yang dienkripsi.
·         Pencarian yang komprehensif berbasis inbox; kemampuan untuk mencari dengan attachment; Menyimpan folder yang dicari.
·         Inovasi di Wizard kalender untuk mencari dalam waktu yang cepat dan mencari tempat untuk ruang meeting besar dalam hitungan detik.
·         Sharing dan kolaborasi antar user yang efektif, termasuk inbox, contact, kalender dan tasks.
·         Inovasi komunikasi yang dapat diintegrasikan dengan layanan pihak ketiga sebagai mashup atau bagian  dari aplikasi

Administrasi Berbasis Web
·         Backup dan restore mailbox secara realtime; Managemen penyimpanan dengan tingkatan berdasarkan aslinya.
·         Pencarian antar mailbox dan metoda pengarsipan yang sesuai dengan aturan.
·         Layanan antivirus, antispam dan directory yang terintegrasi (LDAP, Active Directory)
        Web Interface dengan API dan REST.


Unified Communications yang Terintegrasi
·         Out-of-the-box terintegrasi dengan Cisco dan Mitel terintegrasi dengan click-to-call, pesan suara yang visual, rekaman telepon yang terekam, kehadiran dan pesan singkat
·         Meningkatkan kemampuan Zimbra untuk  bekerja dengan pihak ketiga lainnya seperti eZuce yang disupport melalui Zimbra SDK.


Installasi dengan Pilihan yang Fleksibel

Dedicated atau multitenant
·         Dukungan penuh untuk multitenancy dan administrasi yang didelegasikan untuk hosting
·         dan penyedia layanan.
·         Pengdelegasian pada user administrator lain yang dapat diatur batasannya.
·         Web Client yang dapat dirubah tampilannya.
·         Manajemen  end-user, kuota dan kebijakan penyimpanan melalui fitur Class-of-Service
Server atau SaaS (Software as a Service)
·         Pilihan installasi Zimbra Collaboration yang di install di server pada os linux atau melalui mitra  SaaS  Zimbra

Dukungan Desktop Mail Client lain
·         Delegasi penuh pada Sinkronisasi Messaging Application Programming Interface (MAPI) ke MS Outlook 2013/2010/2007/2003, akses offline dan support untuk S/MIME.            
·         Dukungan untuk semua POP3, IMAP4, Calendaring Extentions to Web Distributed Authoring and Versioning (CalDAV), dan client vCard Extentions  to Web Distributed  Authoring and Versioning (CardDAV).

Akses Mobile / Smartphone
·         Sikronisasi dengan IOS, Android, Blackberry dan Windows Smartphone dan tablet.
·         Kemampuan untuk mengkonfigurasi security mobile termasuk menghapus device, PINs dan fitur management device pada user account.
·         Berpengalaman pada basis browser di semua smartphone atau tablet.





Perbandingan Product Zimbra Collaboration Edition
Zimbra Collaboration tersedia dalam 2 edisi product yaitu Zimbra Open Source Edition dan Network Edition (Starter, Standard dan Professional).
Berikut tabel dibawah ini yang memperlihatkan perbedaan Antara product Open Source, Standard dan Professional. Ruang lingkup dalam kajian ini akan menjelaskan perbandingan Antara product Professional dengan Open Source.


Hal yang membedakan product Professional dari Open Source adalah :
A.      Web Application
1.       Advanced Rich Web-Based Email
a)      Attachment Search
b)      Attachment Preview Rendering
2.       Rich Web-Based Calendar
a)      MS Exchange Interoperability = Integrasi dengan platform Ms Exhange untuk berbagi Calendar maupun ruang lingkup lain yang lebih besar.
3.       S/MIME Digital Signatures and Encryption
4.       Unified Communications Integration = Fitur untuk berkomunikasi melalui visual voicemail, pesan singkat yang dapat terintegrasi dengan perangkat Cisco atau Mitel
5.       Custom Retention Policies

B.      Desktop Clients
1.       Outlook Sync (MAPI)


C.      Mobile Device
1.       Zimbra Mobile for Iphone / Android / Smartphones = Meyediakan fasilitas aplikasi mobile untuk berbagai platform
2.       Zimbra Connector for Blackberry = Menyediakan connector untuk Blackberry
3.       Mobile Device Policy Management = Mengatur policy yang akan diberlakukan ke device mobile

D.      Server Administration
1.       LDAP / MS Active Directory Support = Support untuk integrasi dengan Active Directory
2.       Real Time Back Up / Restore = Backup dan restore secara realtime
3.       Server Clustering / High Availability = Mendukung fasilitas clustering dan High Availability agar tetap on.
4.       Hierarchical Storage Management (HSM)
5.       Zimbra Archiving and Discovery = Kemudahan pencarian email dan membuat archive.
6.       Smartcard and Common Access Card Authentication
7.       Litigation Gold

E.       Domain Management and Customization
1.       Multi-Domain Support = Support untuk multi domain
2.       Delegate and Domain Administration = Memberikan hak akses ke user sebagai administrator dengan privilege yang dapat di custom.
3.       Rebrand Web Client UI = Tampilan Webmail bisa di rubah logo atau title sesuai dengan nama perusahaan.
4.       Migration Tools.

F.       Support
1.       Zimbra Email / Phone Support = Support dari Zimbra
2.       Professional Services (Optional)




Perbandingan Fitur Zimbra vs Exchange

Perbandingan Harga Zimbra vs Exchange

Referensi :
  • zimbra.com
  • vavai

Komentar

  1. zimbra dapat digunakan untuk menggantikan exchange server, tetapi jika Anda ingin menggunakan outlook, mereka tidak dapat melakukan sinkronisasi kontak dan kalender dengan zimbra, saya telah menghabiskan banyak waktu untuk penelitian dan menemukan ini "ECO" Plugin outlook, dengan evo collaborator untuk outlook Anda dapat terhubung ke CardDAV dan CalDAV layanan zimbra ini. Anda bisa menginstal dengan gratis munkin ingin mengambil melihat hal itu, lihat: http://www.evomailserver.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak Rudi atas saran nya karna saya juga lagi mencari software sinkronisasi yang cocok dengan Zimbra.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

File Hasil Recovery tidak bisa dibuka ....????.. Gunakan iCare Data Recovery

Berbagi pengalaman tentang Software Recovery...... -----------  Langsung saja.... Kejadian ini terjadi di kantor, bermula ketika kita mencoba untuk install ulang windows 7 dengan cara ghost dari image karena corrupt. Terdapat 2 partisi, dimana pada partisi yang kedua sebagai drive d berisi data user termasuk emailnya. Data secara keseluruhan besarnya sekitar 20 GB. Setelah install baru Windows tersebut, ternyata setelah eksekusi entah mungkin karena lelah sebelumnya banyak pekerjaan,  hasil partisinya menjadi 1 yang berarti bahwa datanya ikut terformat. Panik... sudah tentu panik. Data user yang begitu penting hilang seketika. Sesalnya... kenapa tidak dibackup datanya terlebih dahulu. Pemikiran kita karena sudah terbiasa, langsung saja ghost image. Kami mencoba dengan berbagai aplikasi recovery, seperti GetDataBack, Recova, Restoration, Auslogics   File Recovery , Mini Tools Recovery, On Tracker, Easus Data Recovery, OnDATA Magic Recovery dan masih ada ya...

Astaghfirullah (Maksud Istighfar)

Astagfirullah “Aku mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung” Istighfar Kepada ALLAH SWT Istighfar, kalimat yang sangat pendek, tapi memiliki makna yang sangat dahsyat, sangat dalam, sangat indah dalam hidup kita. Ia merupakan tradisi ritual Islam yang sangat fundamental. Sebab dalam Istighfar itu mengandungi beberapa elemen rohani, sebagaimana dinyatakan di dalam al-Quran mahupun Sunnah Rasulullah SAW. Sejumlah ayat tentang Istighfar atau pertobatan sangat banyak dikutip al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW, misalnya: “Mereka apabila melakukan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, segera ingat akan Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya…(QS. 3:135). “Maka barangsiapa memuji Tuhanmu, dan memohon ampunan kepada-Nya, sungguh Dia Maha penerima Taubat.” (QS. 110:3) “…dan orang-orang yang memohon ampun sebelum fajar.” (QS. 3:17). “Maha Suci Engkau Wahai Allah, Tuhanku! Dan dengan segala puji bagi-Mu ya Alla...

Duduk yang tidak Disukai Allah

SAAT MENGHADIRI TAKLIM ATAU MAJELIS ILMU, KITA MUNGKIN MERASA LELAH SELALU DUDUK MANIS DAN RAPI. MESKIPUN DEMIKIAN, HINDARILAH DUDUK DENGAN BERSANDAR DENGAN TANGAN KIRI KE BELAKANG KARENA RASULULLAH TELAH MELARANGNYA حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ بَحْرٍ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مَيْسَرَةَ عَ...